KETAHANAN NASIONAL

Pengertian ketahanan nasional adalah kondisi dinamika, yaitu suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mampu mengembangkan ketahanan, Kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari luar. Juga secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

 

Dalam perjuangan mencapai cita-cita/tujuan nasionalnya bangsa Indonesia tidak terhindar dari berbagai ancaman-ancaman yang kadang-kadang membahayakan keselamatannya. Cara agar dapat menghadapi ancaman-ancaman tersebut, bangsa Indonesia harus memiliki kemampuan, keuletan, dan daya tahan yang dinamakan ketahanan nasional.

Ketahanan nasional masih berkaitan dengan geopolitik atau geostrategi yang mana konsep dari ketahanan nasional dapat dikatakan diawali dengan kondisi bangsa yang memiliki kekuatan, kemampuan, daya tahan, dan keuletan dalam rangka untuk menghadapi adanya tantangan, ancaman dan gangguan serta hambatan yang mesti dilawan dengan kemampuan – kemampuan yang kita miliki dalam rangka pencapaian tujuan nasional.

Definisi ketahanan nasional ini sebagai sebuah kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan dan mengembangkan kekuatan nasional didalam menghadapi dan mengatasi ancaman tentang hambatan dan gangguan baik secara langsung maupun tidak langsung yang daatang dari dalam maupun dari luar yang dapat membahayakan kondisi integritas stabilitas indonesia yang dapat mengganggu pencapaian tujuan nasional.

Pada hakekatnya ketahanan nasional adalah sebagai kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa didalam menjamin kejayaan bangsa. Namun bagaimana bila masih saja sering terjadi gangguan terhadap bangsa indonesia seperti misalnya akhir akhir ini terjadi permasalahan dari negara tetangga dimana Malaysia dilaporkan membangun mercusuar di wilayah Indonesia, tepatnya di kawasan Tanjung Datuk, Kecamatan Paloh, perbatasan Kalimantan Barat.

Mayor Jenderal TNI Andi Ibrahim Saleh mengatakan, kapal maritim Malaysia mengganggu kegiatan nelayan setempat mencari ikan. Dia juga membenarkan bahwa kapal-kapal tersebut datang untuk memasang tiang pancang mercusuar. “Sejak dulu nelayan kita mencari ikan di situ, tapi dengan keberadaan kapal itu disitu memasang pancang kaki Mercusuar rakyat tidak berani lagi datang ke situ,” jelasnya. Jika kita pelajarri lebih dalam bahwa prbuatan Malaysia itu merupakan sebuah gangguan bagi negara kita, khususnya bagi kesejahteraan dan keamanan bansa Indonesia.

Sedangkan saat ini yang pembicaraan hangat yang selalu di bicarakan di negara ini ialah tentang calon pemimpin penerus bangsa ini, mungkin dari kasus tersebut seharusnya jadi kajian bagi calon calon pemimpin nanti yang mana yang saat ini di butuhkan bangsa indonesia ialah pemimin yang tegas dan siap membela bangsa dan negara Indonesia.

Menurut Pengamat politik dari Lembaga Institut Publik Indonesia (IPI) Karyono Wibowo, menjelaskan bahwa, dibutuhkan kepemimpinan tegas untuk kembali bisa merebut aset-aset yang telah dikuasai dan dikangkangi oleh pihak asing. Jadi Harapan Bangsa Indonesia kepada pemimpin yang harus kuat dan dan tegas itu tidak mesti dari seorang militer, tetapi pemimpin yang memiliki komitmen kepada keutuhan wilayah indonesia.

Selain masalah domestik, bangsa Indonesia juga akan dihadapi oleh permasalahan lain nya dimana salah satunya di tahun 2015 mendatang yakni ekonomi asean global. Oleh karena itu untuk mengatasa permasalahan ekonomi dibutuhkan nya lah pemimpin yang peka terhadap ketahanan nasional. Bukan hanya membangun koalisi semata tetapi disisi lain juga tidak menebarkan permusuhan, namun tetap tegas demi ketahanan nasional bangsa indonesia. Dan seorang pemimpin juga harus memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bersih dan tidak terlibat berbagai indikasi-indikasi korupsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s