PROBLEMATIKA KETAHANAN NASIONAL

KETAHANAN NASIONAL DI SEGI BUDAYA

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman khususnya dalam kebudayaan yang bersifat Tradisional. Banyak berbagai jenis kesenian yang Indonesia miliki, mulai dari Tarian Tradisional hingga musik tradisional. Tetapi di zaman sekarang ini kita sudah jarang sekali melihat generasi muda yang melestarikan kebudayaan negara kita sendiri, hanya orang-orang tua yg masih memainkan kebudayaan kita yang tanpa kita sadari kalau mereka telah tiada lalu siapa lagi yang akan meneruskan melestarikan kebudayaan kita untuk diwariskan kepada generasi muda penerusnya nanti.

Pendet, angklung, wayang, reog dan batik seutuhnya adalah kebudayaan khas Indonesia, tetapi yang kita tahu saat ini, sudah ada beberapa pengakuan bangsa lain terhadap kebudayaan Indonesia. Semua di karenakan generasi muda yang sudah muai cuek bahkan mengabaikan nilai kebudayaan bangsa kita sendiri. Harus berapa banyak lagi budaya kita di klaim negara lain supaya kita sadar dan peduli dengan budaya kita sendiri?.

Pentingnya peranan lokal terhadap bangsa lain yang mempengaruhi citra dan pandangan yang positif dari bangsa Indonesia karena ketahanan budaya bangsa merupakan salah satu identitas negara dimata Internasional. Jangan sampai negara kita kehilangan jati dirinya karena kita sebagai pemuda pemudi bangsa tidak mau mempelajari kebudayaan kita sendiri.

Saat ini yang sering kita lihat baik di televisi, di tempat- tempat wisata kebudayaan, berapa banyak kah warga negara asing yang berkunjung ke Indonesia hanya karena ingin mengenal bahkan mempelajari kebudayaan kita, bahkan di negara Australia pun Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran disana, itu artinya kebudayaan negara kita sangat bernilai besar. Hingga disaat kita tahu kebudayaan negara kita sudah diklaim oleh negara lain barulah kita sadar akan nilai kebudayaan kita.

Percuma saja jika kita berdemo menuntut kebudayaan kita yang telah di klaim oleh negara lain tetapi kalau pada diri kita sendiri belum bisa mencintai kebudayaan negeri kita sendiri. Kalau kita pelajari dari segi keamanan dan pertahanan nasional pemerintah cenderung lamban dalam mengurusi kebudayaan nya. Bisa dihitung sudah berapa banyak kah kebudayaan kita yang sudah hilang di klaim negara lain. Untuk itu dimulai sejak kita kecil untuk mencintai bahkan mewariskan kebudayaan kita sendiri, karena jika bukan kita lalu siapa lagi yang akan meneruskan, yang ada kebudayaan kita akan semakin hilang.

KETAHANAN NASIONAL DI SEGI KEAMANAN

                Ingatkah kita pada hari Jum’at tanggal 17 Januari 2014 pemerintah Australia meminta maaf kepada pemerintah Indonesia atas insiden perbatasan dimana pada saat itu kapal patroli Australia yang mengusir para suaka hingga memasuki batas laut Indonesia tanpa izin. Dari pernyataan MENLU Australia yang berjanji bahwa pelanggaran terhadap batas negara Indonesia tidak akan terjadi lagi.

                Lalu di Timor Leste terjadinya bentrok antara warga Negara Indonesia dengan Warga negara Timor Leste yang saling memperebutkan lahan, mengapa masalah seperti itu bisa terjadi? Padahal Kedua negara saling memiliki batas-batas wilayahnya sendiri. Artinya di segi keamanan dan Pertahanan Pemerintah negara yang kurang ketat dalam memperhatikan Pertahanan di wilayah perbatasan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s