PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP BANGSA INDONESIA

               Setiap warga negara pasti ingin negaranya berdiri kokoh serta memiliki tujuan yang jelas akan dibawa kemanakah negaranya. Setiap warga negara memiliki harapan hidup makmur dan sejahtera, serta aman dari peperangan dan penjajahan serta penindasan seperti pada isi dari pembukaan UUD 1945 yang berbunyi “ bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan. Karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan”.

                Pancasila merupakan lima rangkaian kesatuan dan kebulatan yang tidak dapat terpisahkan karena setiap sila didalam pancasila mengandung empat sila lainnya yang saling berkaitan. Tetapi dijaman yang semakin canggih akan teknologi ini, nilai serta fungsi pancasila sebagai pedoman hidup bangsa ternyata sudah mulai terabaikan oleh masyarakat Indonesia.

                Secara garis besar, Apa sih pancasila itu? Menurut saya pancasila itu bagaikan buku pedoman bagi bangsa Indonesia, dimana tujuan dari Pancasila itu untuk mencapai cita-cita masyarakat yang adil dan makmur. Bagaimana peranan pancasila bagi Indonesia yang memiliki deretan pulau-pulau yang sangat luas. Apakah pancasila bisa mengawasi setiap gerak gerik masyarakatnya yang beraneka ragam, bahasa, suku serta adat istiadat, yang mana dari keberagaman tersebut menjadikan pancasila sebagai suatu kekayaan dan kekuatan. Namun sampai saat ini mengapa masih banyaknya peperangan antar saudara dan antar suku masih sering terjadi ?

                  Dari keberagaman suatu adat itulah yang menjadikan pancasila suatu kekuatan diperlukanlah satu unsur yang dapat pengikat perbedaan ragam di indonesia, unsur itu ialah kepercayaan akan adanya Tuhan dan Ketuhanan. Unsur inilah yang menjadi dasar utama jika kita sepakat dan meyakini adanya tuhan maka kita akan saling menghormati keberagaman diantara kita, karena keberagaman itu terjadi adalah kehendak Tuhan. Walaupun kita beragam namun pada dasarnya kita adalah sama, yaitu kita sama-sama manusia. Dari situ lah mengapa KETUHANAN YME merupakan sila yang pertama.

                  ketika kita sudah mampu menghargai antar keberagaman diantara kita dan tidak membeda-bedakan sesama manusia maka kita akan menjadi manusia yang beradab, yang mana bunyi dari sila kedua pancasila “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Ketika kita sudah tak lagi membeda bedakan sesama manusia dan sudah menjadi manusia yang beradab pasti akan terbentuk dan terciptanya persatuan. Dari persatuan inilah yang akan terciptanya suatu kondisi yang akan melahirkan manusia-manusia yang bijak. Manusia yang bijaklah yang tentu saja bisa berlaku adil kepada siapa saja, barulah terwujud sila kelima pancasila yang adil dan makmur.

                   Namun bagaimana dengan kondisi saat ini, bakar-bakaran tempat ibadah masih saja terus terjadi, tauran antar pelajar, demokrasi yang anarkis, jadi untuk mencapai cita-cita masyarakat yang adil dan makmur yaitu benahi dulu hal-hal yang menjadi dasar dari unsur pancasila tersebut. Menurut saya mengapa kita sebagai masyarakat yang berpendidikan harusnya  membentuk karakter pribadi kita dulu, bagaimana karakter bangsa atau negaranya akan dinilai baik oleh negara lain jika dari masyarakatnya sendiri tidak memiliki karakter yang baik terlebih menjadi suatu manusia yang bijak yang bisa menimbulkan keadilan dan kemakmuran.

                    Tanpa kita sadari dan kita syukuri betapa berharganya jasa para pahlawan dan pejuang dulu yang sudah merebut kembali tanah lahir kita dari tangan penjajah, betapa hebatnya para tokoh terdahulu yang mempunyai ide membentuk PANCASILA sebagai dasar negara dengan sebaik baiknya pada setiap sila yang saling berkaitan, kesimpulan nya menurut saya pribadi sebagai penulis sudah saatnya kita sadari, apakah sikap kita selama ini baik dengan berbagai pertanyaan kepada para pemerintah.

                     Apakah yang akan diberikan pemerintah kepada rakyatnya? Pertanyaan- pertanyaan itulah yang selalu keluar dari mulut rakyat. Tetapi yang harus kita pikirkan ialah apa yang bisa kita berikan untuk negara kita? Bukan hanya selalu berbicara tentang apa yang akan dilakukan pemerintah untuk kita. Karena tidak akan terbentuk suatu negara yang sejahtera jika kita hanya selalu saling mengandalkan, baik para aparat pemerintahan dengan rakyatnya harus saling mendukung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s