PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP KEBUDAYAAN DI INDONESIA

Sejauh ini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat meramban di tanah air memang sangat membantu manusia dalam melakukan aktivitas, melakukan produksi, serta kegiatan lainnya yang membantu kegiatan manusia. Namun tanpa kita sadari dampak perubahan zaman yang semakin menuju era modern ini justru terdapat dampak negatif khususnya bagi generasi penerus bangsa di kalangan pelajar.

Dengan masuknya perkembangan teknologi ini kita dapat mencari sumber informasi serta teknologi masa kini dengan mudah dan cepat. Bila dulu para mahasiswa dan pelajar dalam mencari artikel dan tugas harus dengan berbagai koran dan harus mencari dengan susah payah, tapi kini dengan dihadirkan nya komputer, laptop, jaringan internet, bahkan ponsel dengan fitur smartphone kita dapat mencari tugas dengan cepat.

Hingga akhirnya kita terlena dengan kenikmatan teknologi yang serba instan, berdampak kepada kebudayaan kita. Perlahan kita mulai meninggalkan kebudayaan kita, yang semestinya kita melestarikan dan mempertahankannya kini kita malah tertarik dengan ajaran kebudayaan luar yang menurut para petinggi serta leluhur adalah ajaran buruk bagi budaya kita. Seperti halloween, valentine, hang out, party dan sebagainya sebenarnya tidak ada dalam ajaran budaya kita. Bahkan hal yang sering kita jumpai dan tanpa kita sadari adalah pada perayaan ulang tahun. Apakah pernah kita tahu mengapa dalam perayaa ulang tahun selalu meniup lilin, mengapa tak seharusnya menyalakan lilin, bukan kah simbol api itu adalah semangat, tapi mengapa api pada lilin harus ditiup. Bukankah itu semua kebudayaan luar? Bahkan dampak negatif yang tidak patut kita terima yaitu situs porno yang semakin merajalela.

Anak anak kita semakin tidak santun karena pengaruh budaya luar yang merasuk. Bahkan para pelajar SD saja sekarang banyak yang membawa handphone ke sekolah yang seharusnya tugas pelajar adalah belajar. Dengan kemudahan teknologi, bergagai sumber media dapat dengan mudah saling kirim mengirim. Jadi tugas para orang tua adalah mengawasi anak anaknya dan diperhatikan tingkah laku nya apakah susila ataupun asusila..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s